Fanspage

Friday, January 13, 2017

Wisata Kediri Gunung Kelud

"OBJEK WISATA GUNUNG KELUD"

 wisata kediri gunung kelud
  
Selamat siang, gimana kabar kamu hari ini? Moga tetep dalam keadaan yang baik ea. Setelah sebelumnya saya sudah memberikan beberapa tempat – tempat yang asik dan wajib kamu kunjungi di Kediri seperti Wisata Simpang Lima Gumul dan Air terjun di Besuki. Kali saya akan memberikan tempat wisata asik di Kediri lainnya.

Tempat wisata di Kediri - Kediri sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur dan menjadi salah satu bersih dan kota dingin di Jawa Timur yang memiliki terkenal sejak lama. Hal ini terletak di Sungai Brantas, di kaki Gunung Wilis, 65 mil (105 km) barat daya dari Surabaya. Ini adalah pusat dari industri gula dan perdagangan produk-produk pertanian seperti kopi, tembakau, beras, dan ubi kayu. Manufaktur ringan kota meliputi tekstil dan kayu pabrik dan toko-toko mesin. Sisa-sisa sejarah yang tersebar di sekitar Kediri menunjukkan bahwa mereka telah memainkan peran penting dalam banyak era. Ini hanya tempat yang bagus untuk tinggal Kediri kini telah menjadi pendidikan, industri serta pusat pariwisata.

Daerah ini dikelilingi oleh pegunungan dan memiliki banyak pemandangan alam, sehingga membuat udara dingin dan segar. Kabupaten ini juga menyimpan nilai sejarah dan umum mengatakan memiliki kerajaan tua di Pulau Jawa. Sebagai pusat pariwisata, Kediri memiliki banyak tempat menarik yang diklasifikasikan ke dalam standar lokal, regional, nasional dan internasional, Pariwisata Kediri seperti; Gunung Kelud ini adalah gunung berapi gunung, tapi pemandangan yang menawan memiliki menarik para wisatawan untuk mengunjungi gunung ini. Ini memiliki saluran ke kawah, danau sulfat, perkebunan keren, Puh Sarang, Ngeyangan Waterfall, Dolo air terjun, Sri Aji Joyoboyo kuburan.

 wisata kediri gunung kelud

Gunung Kelud (sering disalahtuliskan menjadi Kelut dalam bahasa Jawa; dalam bahasa Belanda disebut Klut, Cloot, Kloet, atau Kloete) adalah sebuah gunung berapi di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, yang tergolong aktif. Gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang, kira-kira 27 km sebelah timur pusat Kota Kediri.

Sebagaimana Gunung Merapi, Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Sejak tahun 1000 M, Kelud telah meletus lebih dari 30 kali, dengan letusan terbesar berkekuatan 5 Volcanic Explosivity Index (VEI). Letusan terakhir Gunung Kelud terjadi pada tahun 2014.

Gunung api ini termasuk dalam tipe stratovulkan dengan karakteristik letusan eksplosif. Seperti banyak gunung api lainnya di Pulau Jawa, Gunung Kelud terbentuk akibat proses subduksi lempeng benua Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia. Sejak sekitar tahun 1300 Masehi, gunung ini tercatat aktif meletus dengan rentang jarak waktu yang relatif pendek (9-25 tahun), menjadikannya sebagai gunung api yang berbahaya bagi manusia.

Kekhasan gunung api ini adalah adanya danau kawah, yang dalam kondisi letusan dapat menghasilkan aliran lahar letusan dalam jumlah besar, dan membahayakan penduduk sekitarnya. Letusan freatik tahun 2007 memunculkan kubah lava yang semakin membesar dan menyumbat permukaan danau, sehingga danau kawah nyaris sirna, menyisakan genangan kecil seperti kubangan air. Kubah lava ini kemudian hancur pada letusan besar di awal tahun 2014.

Puncak-puncak yang ada sekarang merupakan sisa dari letusan besar masa lalu yang meruntuhkan bagian puncak purba. Dinding di sisi barat daya runtuh terbuka sehingga kompleks kawah membuka ke arah itu. Puncak Kelud adalah yang tertinggi, berposisi agak di timur laut kawah. Puncak-puncak lainnya adalah Puncak Gajahmungkur di sisi barat dan Puncak Sumbing di sisi selatan.

wisata kediri gunung kelud 
 Baca juga : Wisata Kediri BDI

Tiket masuk wisata Gunung Kelud


Ketika berada di gerbang kawasan wisata gunung aktif ini, Anda harus membayar tiket di loket yang telah disediakan yaitu sebesar Rp 5.000,00 untuk weekday dan Rp 10.000,00 pada saat akhir pekan dan hari libur. Harga yang Anda perlukan tergolong sangat terjangkau karena Anda dapat menikmati keindahan Gunung Kelud yang sangat mempesona.

Lokasi Wisata Gunung Kelud Kediri


Objek wisata Gunung Kelud tepatnya berada di desa Sugiwaras dan berada di dua kabupaten yaitu Blitar dan Kediri. Jika menempuh perjalanan dari Kota Kediri, maka Anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih dengan jarak tempuh sekitar 27 km.


Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Gunung Kelud


Objek wisata Gunung Kelud terkenal denan pemandangan larva aktifnya yang sangat memukau. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena pengunjung tidak diperkenankan mengamati larva tersebut dengan jarak yang dekat. Anda dapat melihat pemandangan tersebut dari puncak Gajah Mungkur.

Di Gajah Mungkur tersebut telah tersedia sebuah arena yang didesain sedemikian rupa yang berguna sebagai tempat untuk para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan alam yang cukup menantang ini.

Gajah Mungkur merupakan salah satu dari 4 puncak gunung yang berada di kawasan wisata Gunung Kelud. Tiga puncak gunung lainnya bernama Puncak Sumbing, Puncak Kelud, serta Puncak Gedang.

 wisata kediri gunung kelud

Tidak hanya melihat keindahan larva pada pagi hari, Anda juga dapat mengamati pemandangan tersebut ketika hari sudah mulai gelap. Dan di sekitar lokasi larva tersebut ditambahakn beberapa lampu penerangan warna-warni yang akan mempercantik suasana malam di sekitar wisata Gunung Kelud.

Sebelum mencapai lokasi di Gajah Mungkur, Anda harus berjalan cukup jauh dengan kondisi jalan yang cukup jauh dari lokasi parkir kendaraan. Sehingga Anda harus menyiapkan fisik sebelum memutuskan berlibur ke wisata Gunung Kelud. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena di sepanjang perjalanan telah disediakan tempat istirahat.

Jika Anda tidak ingin berjalan kaki, maka Anda bisa menyewa ATV ataupun ojek yang sangat cocok digunakan selama menempuh perjalanan menuju lokasi larva yang cukup jauh.

Melihat pemandangan larva juga dapat Anda nikmati dari Anakan Gunung Kelud. Di sana Anda harus melewati sebuah terowongan yang telah didirikan oleh Belanda dengan tujuan pertama sebagai jalur larva dari Gunung Kelud. Namun, saat ini terowongan kokoh tersebut digunakan sebagai akses melihat larva.


Selain itu, Anda juga dapat menikmati fasilitas lain di wisata Gunung Kelud yang telah disediakan oleh Pemerintah setempat. Seperti berendam air panas yang sangat cocok Anda gunakan sebagai tempat relaksasi setelah lelah menjalani perjalanan yang cukup jauh.

Namun, untuk menjangkau lokasi air panas alami tersebut, Anda harus menuruni anak tangga yang cukup banyak dan lumayan membuat tenaga Anda terkuras. Tetapi, semua kelelahan Anda akan segera terbayarkan ketika menikmati sumber air panas dari Gunung Kelud tersebut.

 wisata kediri gunung kelud

 Selain itu, bagi Anda yang menyukai aktivitas outbound, maka Anda juga bisa mencoba beberapa fasilitas lain yang disediakan seperti panjat tebing dan flying fox.

Demikian Artikel ini saya buat semoga bisa menambah wawasan kamu. Dan juga jangan lupa mampir ke wisata gunung Kelud ini bila kamu sedang berada di Kota Kediri.

Terima kasih dan Sampai ketemu di artikel selanjutnya..


EmoticonEmoticon